Home » » satuan satuan dalam ekosistem

satuan satuan dalam ekosistem

SATUAN DALAM EKOSISTEM

ok, kita lanjutkan materi dari sebelumnya tentang definisi ekosistem
kita simak bersama, silahkan dibaca.


Segala sesuatu selain makhluk hidup yang dapat mempengaruhi kehidupannya disebut lingkungan. Biasanya antara makhuk hidup dan lingkungan terjadi interaksi, sehingga interaksi tersebut membentuk suatu ekosistem. Ada tiga macam interaksi dalam ekosistem, yaitu sebagai berikut.

  1. Interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya, contoh sapi memerlukan rumput sebagai makanan.
  2. Interaksi antara makhluk hidup dengan benda mati yang ada di lingkungannya, contohnya tumbuhan memerlukan udara dan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis.
  3. interaksi antara benda mati, contohnya panas matahari menyebabkan air menguap dan suhu udara meningkat.
Dalam suatu ekosistem, terdapat satuan satuan makhluk hidup, antara lain individu, populasi dan komunitas.

1. Individu
contoh makhluk hidup tunggal

Individu adalah makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kucing atau sebatang pohon mangga. Individu tersebut dapat melakukan aktifitasnya sendiri. Contoh individu, yaitu kuda, domba, zebra, dan sebagainya yang hidup menyendiri.


2. Populasi

Setiap individu dapat melakukan kegiatan dalam kesehariannya. Namun, individu juga bisa melakukan kegiatan bersama sama dengan individu lainnya sehingga terjadi inteaksi. Dengab demikian, populasi adalah kumpulan beberapa individu yang sama pada suatu tempat dan waktu tertentu. Contohnya populasi kuda yang sedang mencari makan di padang rumput. Banyaknya populasi pada satu satuan luas disebut sebagai kepadatan populasi.

contoh populasi kuda

Perubahan kepadatan populasi di suatu tempat disebut dinamika populasi. Dinamika populasi dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti natalitas (angka kelahiran), mortalitas (angka kematian),dan migrasi (meliputi imigrasi dan emigrasi). Bila jumlah natalitas dan imigrasi lebih besar daripada jumlah mortalitas dan emigrasi, maka pertumbuhan populasi mengalami kenaikan dan akan menyebabkan ledakan populasi. Nmun, jika angka mortalitas dan emigrasi daripada jumlah natalitas dan imigrasi, maka pertumbuhan pertumbuhan populasi dikatakan menurun. bila kondisi ini terjadi, maka populasi organisme tersebut terancam punah. Menurunnya dinamika populasi dapat disebabkan rusaknya habitat akibat penebangan hutan, bencana alam, dan wabah penyakit.


3. Komunitas

Komunitas adalah kumpulan beberapa populasi yang berbeda dalam suatu tempat dan pada waktu tertentu. Contoh komunitas adalah populasi kuda, populasi zebra, populasi domba, dan sebagainya. Kelompok komunitas dapat berinteraksi sesama jenis maupun lain jenis. Interaksi sesama jenis misalnya, kuda interaksi kelompok kuda dengan kelompok kuda. Interaksi berbeda jenis misalnya, kelompok kuda dengan kelompok domba. Dapat disimpulkan, bahwa komunitas terbentuk oleh sekumpulan makhluk  hidup, tumbuhan, hewan dan manusia dalam suatu tempat hidup atau habitat.

0 comments:

Post a Comment

Jika ada salah kata atau ada yang belum paham, silahkan beritahu di komentar. terimakasih atas kunjungan anda