Home » » Pengertian dan komponen EKOSISTEM

Pengertian dan komponen EKOSISTEM

Contoh Ekosistem
contoh ekosistem
Jika anda bertamasya ke daerah pegunungan, lihatlah pemandangan yang ada di sekitarnya. Apa yang anda lihat? berbagai macam tumbuhan dan hewan akan anda lihat disana. Tumbuhan dan hewan tersebut ada beraneka ragam dan ratusan jenisnya. Mereka berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem di alam. Apa yang akan terjadi jika salah satu komponen, misal pepohonan atau hewan (misal burung) tidak ada? Apakah akan ada pemandangan seperti di samping? tentu tidak, bukan?
jadi, ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan (kondisi) alam sekitar (lingkungannya)

sebelum membahas tentang komponenya, terlebih dahulu kita pelajari istilah penting dalam ekosistem.


EKOLOGI
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari ekosistem. Istilah ekologi pertama kali di cetus oleh seorang ilmuan bernama Ernts Haeckel. Ekologi berasal dari kata "oikos" yang berarti rumah tangga, dan "logos" yang berarti ilmu. Jadi, ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang riumah tangga makhluk hidup. (hehehe, makhluk hidup juga berumah tangga ya)

Dalam mempelajari ekosisitem, kita tidak bisa di pisah dari disiplin imu lainnya, bahkan cabang ilmu di luar biologi. Untuk mempelajari ekologi, kita harus tahu makhluk-makhluk hidup apa saja yang hidup di suatu ekosistem. Oleh karena itu, kita memerlukan cabang cabang ilmu seperti taksonomi (mempelajari tentang tata nama makhluk hidup), botani (mempelajari tumbuhan), zoologi (mempelajari hewan), hingga mikrobiologi (mempelajari tentang jasad renik, yang berperan dalam proses penguraian). Selain itu, kita juga harus memahami faktor tak hidup di dalam ekosistem, seperti tanah (di pelajari dalam geologi), cuaca (meteorologi) dan iklim (klimatologi). Ilmu ilmu sosialpun juga dipergunakan, misalnya rumus menghitung kepadatan pnduduk dalam geografi juga dapat digunakan untuk menghitung kepadatan makhluk hidup dalam suatu ekosistem.


Dalam studi ekologi, digunakan pendekatan secara menyeluruh terhadap komponen komponen yang saling berkaitan dalam suatu sistem. Ruang lingkup ekologi meliputi tingkat populasi, komunitas, dan ekosistem. Pembahasan ekologi tidak terlepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunya, yaitu faktor biotik dan abiotik.


ok, pembahasan tentang definisi ekosistem berakhir disini, namun masih banyak materi selanjutnya seperti :



semua bisa anda baca sebagai referansi (materi) yang sedang anda cari, semoga dapat membntu.

0 comments:

Post a Comment

Jika ada salah kata atau ada yang belum paham, silahkan beritahu di komentar. terimakasih atas kunjungan anda